Friday, May 29

How to pronounce....

Yerpp... Ari ini di mulai dari hal yang biasa..
bagun siang mandi males2an ke kampus trus sampe di kampus masuk ke kelas dgn diem2, di samperin ama guru yang masi gantiin dosen gw yang sebenernya pake modal senyuman lgsg di kasi masuk en duduk dgn santenya, yapp.. semua seperti biasanya, ari ini gw comang ada 1 kelas yaitu lab session lage..
tapi ada yang beda di situ mau tauk bedanya?

Yaaa.. Ari ini gw kerjain soal lab dgn amad sanggat cepet, tiba2 aja semua itu udh selese.. duduk nyante sambil isengin temen gw 1 orang dari bostwana di sebelah gw..
dia mule ngomong dr "do you know how to pronounce 'literature'?" gw juga ga tauk tuh orang napa tapi tiba2 bisa tanya soal pronounce gitu..
Ato mungkin dia tauk gw jelek soal pronounce kali ya..

gw coba deh pronounce literature (li-ter-a-ture)tapi dia ngomong "no..no..no is not like that it is (li-quar-ter)." dan di situ kita mule debat2 soal pronounce deh..
gw yang ngerasa dia itu ga bener2 panggil temen2 gw buat ikutan pronounce kata gitu, dan gw udh kumpulin 5 orang Indonesia buat maen pronounce2an..

di mule dari kata Juventus, netherland, en Italy..
setiap kita di kasi kesempatan buat pronounce dan hasilnya gw dan 5 orang indo itu ga ada yang bener.. nah loh..? apa kita sebegitu ancurnya inggrisnya..? gw juga kgk ngerti dahh kenapa bisa gitu.. tapi menurut gw itu gmn gaya orang indo ngebaca..
Yeepp..

Juventus yang kita baca (Ju-Ven-Tes) yang bener adalah (Yu-wen-tes)
Netherland yang kita baca (Net-her-land) yang bener adalah (Na-da-land)
bahkan Italy yang setiap kita bacanya (I-ta-ly) yang benre itu (I-qua-ly)
binggung kan..? ato dia yang lg begoin gw yee..? Errr,, gw kurang tauk apa yang bener sihh.. tapi 1 hal yang pasti itu bnyk banget orang indo yang pasti ketemu hal macem gini.. bener ga..? Gw ga bisa bilang pronounctiation yang bener yang mana, tapi pastinya.. loe PD aja lage walaupun loe salah..!!

In the end juga tuh orang ga bisa bilang pronounce gw salah ato ga beres ato apalah.. soalnya itu masalah gmn lidah kita yang udh terlalu kaku buat bhs Inggris lg.. Hehe

Pesan Moral :
Belajar bahasa di usahakan dari kecil, kalo ntar loe pada punya ada begitu ngebrojol lgsg cecokin ama 5 bahasa kalo perlu..
Mau salah mau bener PD aja.. soalnya itu bikin elo jadi ga keliatan salah.. haha

Wihihhhh...

No comments:

Post a Comment