Wednesday, May 27

Are you chienesse..?

Gw orang yang lahir dan gede di Indonesia tepatnya di Jakarta biar gemanapun gw seorang keturunan China Totok (Sori boss ga ada maksud Rassis so baca dolo semuanya).. Yaa Kakek gw orang bener2 China dgn segala kepercayaan kolotnya itu..

Hal ini terjadi sepulang gw nonton Film Angel and Demons.. Gw pulang sendiri naik taxi.. Eittss.. Tar dolo kok sendiri..? Yaa.. sendiri soalnya gw nontonnya ketinggalan sebenernya nih film udh keluar dari waktu nyokap gw masi di Malaysia, secara gw anak yang berbakti pada ayahanda dan ibunda makanya gw temenin nyokap di banding nonton film deh..

Balik ke taxi.. gw yang pulang rada malem cari taxi dgn rada susah payah akhirnya ketemu seorang paman ato kakek ato apalah paman yang agak tua rasanya lebih cocok buat manggil dia (dia ini ras chienesse) gw mule nego2 harga dan akhirnya dapet dgn harga di argo + 2 ringgit.. Well.. itu harga yang lumayan murah di banding gw tunggu lamaan lagi + kalo kelamaan gw bisa di kenain midnight charge yaitu extra 50%..

Ok gw dgn hati amad seneng gw naik tuh taxi dan cepet2 jalan gw bilang ke si paman tua itu "Uncle, Bukit Jalil, Arena Green" dia lgsg aja jalan dgn cepetnya sama kek kecepetan meternya yang menggila itu..

Yaaa.. di jalan semuanya biasa aja ga ada yang beda masalahnya waktu udh mau nyampe di pertigaan dia tanya gw dgn bhs yang asing buat gw yaitu Cantonesse (Buat keterangan ga ada bhs cantonesse di Indonesia dan gw juga ga expert bhs mandarin)
berikut percakapan gw ama si paman tua itu..

Paman Tua : Blah.. Blah...Blah.. (Pake cantonesse dia gw ga ngerti jadi gw tulis "blah" aje..)
Gue : Sorry..? What are you talking about..?
Paman Tua : Blah.. Blah...Blah..
Gue : Sorry, I can't understand cantonesse.. could you please speak English.?
Paman Tua : I asking whether you are going to left or right..
Gue : Ohh.. Arena Green is in left side..
Paman Tua : Are you chienesse.?
Gue : Err.. Yes I am but actually I'm Indonesian that's why my chienesse is...
Paman Tua : (langgsung potong gw) You are chienesse but you can't speak cantonesse..
Gue : Actually there is no cantonesse in Indonesian that's why I can't understand you..
Paman Tua : What Chienesse are you..? You said you are chienesse but you can't understand cantonesse..
Paman Tua : Blah.. Blah...Blah..
Paman Tua : Blah.. Blah...Blah..
Gue : Errr.. Sorry I'm Hakka.. I can speak chienesse and hakka a bit but I really dunno about cantonesse
Paman Tua : Blah.. Blah...Blah..
Paman Tua : Blah.. Blah...Blah..
Paman Tua : Blah.. Blah...Blah..
Gue : (WTF! paman tua geblek..!! berapa kali sih gw ngomong gw ga bisa cantonesse loe itu lagi mabok ato emang bego..!!) Errr.... (udh kesel aja tuh gw soalnya dia ngomongnya kek marahin gw gitu)
Akhirnya singkat cerita gw udh sampe.. dia ngomong "Sam si kou" artinya 14 dollar..
Dgn segala kekeselan gw kasi tuh duit trus cepet2 cabut dari taxi itu, yang gw kira bakalan jadi baik gara2 harganya murah malah sakitin hati gw yang sensitive ini.. Waaa...

Parah nehh.. tuh paman tua yang mabok itu rasis banget dahh...
Gw pasti suatu hari bisa cantonesse ui uncle gila.. ntar gw ajarin anak loe cantonesse dah kalo anak loe kgk bisa.. tunggu waktunya aja..!!

Pesan Moral :
Kita minimal arus bisa bahasa ibu, ga peduli bahasa apapun itu..
Never judge the book by its cover.. bener banget dah yang ini yang gw kira tuh taxi bakalan jadi penolong gw ehh malah tiba2.. Grrr...
udah2 paman geblek kita peace aja yaaaa..Wihihhhh...


I'm vulcan I come with peace.. Long live and proseper..!!

No comments:

Post a Comment