Friday, July 9

Nyaris jadi bintang TPM.

Aldo.. Aldo.. Aldo..
Yaaa di ulangi sekali lagi Aldo Adiwin Soesilo, anak lekaki 19 tahun, yang sekarnag lagi kuliah di APIIT yang baru aja naik ke year 3 ato artinya year skripsi kata orang2 yang juga lagi berkerja di software house yang namanya CTI.

Yaaa.. itu sedikit biografi gw.. Aldo, Aldoism..
Dengan bangganya gw bilang gw nyaris terkenal kemaren itu (Yaa seengaknya di kalangan daerah apartment gw)..
Kenapa begitu..?

Ok.. semuanya itu di mulai dgn belunder besar yang dilakukan oleh boss di kantor gw
(Ntah lah itu salah dia ato salah gw).. Namanya Simon, ato nama imut ciptaan gwnya "Mon2" cute abis deh.. bule asli United. Kingdom yang ga ngerti gmn ceritanya nyasar di malaysia, tepatnya bukit Jalil yang akhirnya somehow memperkerjakan Aldo sebagai salah satu staffnya di kantor.

Kisah karir gw tidaklah mulus kawan.. semuanya di mulai dgn bebatuan.. (Ciee.. lebay parahh) Okeee.. pertama kali gw masuk ke kantor ini sebagai seorang software developer, ato bahasa kerennya programmer.. Datang untuk memprogramm (Gyahaha.. terdengar geje)

Intinya gw mulai dgn project pertama gw di hidup gw.. project keren yang namanya "Moodle" tauk moodle apa? kalo ga tauk coba cek video di bawah..



Dan cerita soal "Moodle" berakhir minggu kemaren gitu.. Yaa, moodle di katakan selesai. ato kerennya Project ready for go live. Cerita moodle emang selese minggu kemaren, dan somehow new project dateng. Bak seorang boss yang baik si mon2 ini bikin meeting dan tanya kita mau work di field mana..

"Wi-Fi"
"Database"
"Php"
"Flex"
itu 4 pilihan yang di kasi momon2..

mungkin u pda udh familiar ama Wifi tapi apa itu Database, Php dan flex??
Well.. sebenernya perlu waktu panjang buat bahas soal itu lagi.. jadi mungkin gw bakal bahas itu di bawah postingan ini.

Nahh.. gw yang di ciptakan untung tidak mau kalah dan ga perna mau kalah.. Apa lagi ama ex housemate gw.. Ivan <- Masi inget Ivan??
Kalo udh lupa dia itu ex housemate gw yang sempet jadi saingan berat gitu.. pokoknya Ivan deh yang banyak bantu gw sejak gw di malay.. (untuk reference lebi lanjut liat post sebelomnya)

Nahh jadi si Ivan ini perna kerja jadi orang yang handle database ato yang kerennya di sebut Database Administrator gitu ato lebi kerennya lagi Dba.
Nah.. dgn pdenya juga gw bilang gw mau jadi Dba ama si mon2.

Karena si mon2 itu boss yang baik, dia ijinin gw deh untuk main2 dgn database company gw.. Yaa Aldo Adiwin Soesilo sedang menjalani perjalanan beratnya untuk menjadi seorang ahli database ato namanya Dba. (Bisa di bilang belunder besar yang dia lakukan xD)

Tapi seperti apa yang gw bilang.. perjalanan kerja itu ga perna mulus, selalu ada tantangan dan rintangan..
Ga percaya? Nihh contohnya..
dengan tidak sengaja gw delete database yang ada di server kantor.
Yaa database yang isinya data2 penting perushaan selama 5 tahun.
Yaa dan gw berhasil membasmi data2 penting itu.. keren abis deh..!
(inget apa yang gw lakukan di atas tampa sengaja).

Dan setelah gw delete ga berapa lama gw baru sadar.. Ternyata yang gw dlete itu database penting bukan yang gw bkin buat testing doang.. OMG!
gw seperti orang kebakaran jenggot deh.. lari sana lari sini di tengah kantor yang diem, tanyain orang backupan database yang ada di kantor dgn berusaha sepolos mungkin ngaku kalo gw baru drop database..

Ya beberapa kolega kantor gw comang duduk di kursi ketawa ketawa liat gw kek bebek kebakar gitu di kantor dan juga ada beberapa orang jadi bebek kebakar juga.

mulai muter2in kantor dan coba maksa keluarin ide2 ajib dari otaknya.. dan yapp..
Karena Aldo itu orang Pintar, dan emang dia pintar.. Hahaha
gw baru sadar gw ada backupannya di pc gw.. Thanks GOD.!
Jadi seperti yang gw bilangg.. Kerjaan gw selalu penuh tantangan..
Bayangkan data perushaan 5thn nyaris ilang gara2 Aldo Adiwin Soesilo..

My work is my mess.. :)
Yaaa kira2 itu lah kalimat yang paling tepat buat diskripsiin kerjaan gw.
Dan si Aldo selamat, tak bercacat tak di pecat dari kerjaannya.. =)
dan demikianlah gemana ceritanya si Aldo ini bisa nyaris terkenal di kalangan TPM (daerah kantor gw)


------ Database Vs Php Vs Flex ------
Database? Apa itu database?
Ok, gw coba untuk menjelaskan ini sesimple mungkin dan sesingkat mungkin..
Jadi database itu adalah tempat di mana data2 di simpen..
artinya itu seperti 1 storage besar yang buat simpen2 data perusahaan ato data system whatever gitu deh.. got it? pasti udh ngerti lah ya.. kan reader gw pinter2.. =) kalo emang masi lom ngerti juga gw udh speechless deh.. biar wikipedia yang mengajarkan anda..

Php..
Nahh Php ini ga seperti database yang bisa store data gitu beda banget deh.. php adalah 1 dari banyak programming language yang di pake buat komunikasi ama database.
misal buat ambil records dari database to masukin data ke database, ato apapun itu deh..
Further reference : wikipedia

Flex..
Flex itu front end language yang artinya interface language. bahasa programming yang di pake buat bkin interface yang bisa kita liat misal : HTML di website yang u liat sekarang ini.. Yaaa basically flex itu berkerja mirip2 kek HTML dan kerjanya itu buat transfer request yang di kasi client ke php yang akhirnya di proses ama database. The End.. :)
Further references :
Flex : Wikipedia
HTML : Wikipedia

--- Additional ingredients ---
Kita belom perna ngomong soal world cup nihh..
Jadi gmn world cupp.?
Hmmm.. ngomong2 soal world cup gw ini fans berat England..
Yaa England dgn super teamnya yang ada Steven gerrard, Frank Lampard, Lennon,, Joe Cole, Rooney, Defoe, John Terry, Ashley Cole, Jhonson, Crouch, dan ETC ETC juga si ETC2nya..
sebuah generasi emas england kalo gw mau bilang..

Ternyata golden generation england ga bisa bawa piala world cup..
1 ari setelah kalahnya england dari jerman itu jadi hari duka gw.. tapi si Aldo ga comang berduka dia coba pilih team laen yang layak dia dukung.. dan yapp..
Dia dukung belanda dgn alesan Belanda itu bekas penjajah Indonesia..

Yaa.. jadi sekarnag All Haill Holland..!! xD
Win your first world cup trophy..!!
buat pendukung Spain.. Maap ya gw kurang friendly ama spain, tapi kesannya terlalu maruk aja kalo euro kmrn mereka menang trus menang lagi di World Cupp..

Jadi... Holland..!!
Wiiihiiihhh

No comments:

Post a Comment